Materi PKKMB Universitas
& Fakultas
Pengembangan karakter mahasiswa.
Pemateri :
1. AKBP.
Vicky Zulkarnain, M, M,
Society 5.0
Apa itu
Society 5.0? Society 5.0 adalah sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada
manusia dan berbasis teknologi. Pada era ini, masyarakat diharapkan mampu
menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalanan sosial dengan memanfaatkan
berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan
kualitas hidup manusia.
Dunia
pendidikan di era 5.0 menekankan pendidikan karakter, moral, dan keteladanan.
Ilmu dapat digantikan dengan teknologi sedangkan penerapan soft skill maupun
hard skill yang dimiliki tiap peserta
didik tidak dapat digantikan oleh teknologi.
Bagaimana
Society 5.0 bekerja?
Society 5.0
mencapai tingkat konvergensi yang tinggi antara dunia maya (dunia virtual) dan
dunia fisik (dunia nyata). Di masy informasi masa lalu (Society 4.0), orang
akan mengakses layanan cloud (database) di dunia maya melalui Internet dan
mencari, mengambil, dan menganalisis informasi atau data.
Di Society
5.0, informasi dalam jumlah yg sangat besar terutama yg berasal dari dunia nyata terakumulasi di dunia maya.
Di dunia maya, big data tersebut akan dianalisis dengan kecerdasan buatan
(artificial intelligence, Al), dan hasil analisis diumpankan kembali ke manusia
dalam dunia fisik dalam berbagai bentuk.
Dalam
masyarakat informasi masa lalu (Society 4.0), kegiatan yg umum dilakukan
adalah mengumpulkan informasi melalui jaringan dan dianalisis oleh manusia.
Namun, di Society 5.0, orang, benda, dan sistem semuanya terhubung di dunia
maya dan hasil olah data oleh Al yg mampu melebihi kemampuan manusia diumpankan
kembali ke dunia nyata. Proses ini membawa nilai baru bagi industri dan
masyarakat dengan cara yg sebelumnya tidak mungkin dilakukan.
Kejahatan
yang memungkinkan di masa depan :
Kejahatan
Kesehatan
: KLONING DNA
ILLEGAL UTK TUJUAN REPRODUKSI ATAU AMBIL ORGAN, KLONING VIRUS DAN OBAT, RETAS
APLIKASI DATA KESEHATAN.
Kejahatan
Komputer
: MERETAS
SISTEM TERENKRIPSI ILLEGAL, PERALATAN YG BERHUB DGN INTERNET, MEREKAYASA
KECERDASAN BUATAN (AI) DAN MERETAS HEADSET/KACAMATA/LENSA KONTAK AR ATAU VR
SESEORANG UNTUK MEMATΑ-ΜΑΤΑΙ ΑΡΑ YANG MEREKA LIHAT.
Kejahatan
Hiburan
: HUB SEKS VR
DGN AVATAR ILLEGAL, ROBOT, OLAHRAGA EXTREME.
Kejahatan
Budaya
: PERNIKAHAN
ANTARA MANUSIA DAN AI, MENDISKRIMINASI SESEORANG BERDASARKAN GENETIKANYA.
Kejahatan
Kota
: PERETASAN
KE BERBAGAI SISTEM INFRASTRUKTUR KOTA UNTUK MENONAKTIFKAN ATA MENGHANCURKAN
FUNGSINYA, SISTEM CCTV KOTA, MESIN KONSTRUKSI OTOMATIS.
Kejahatan
Lingkungan & Perubahan Iklim
: REKAYASA
GENETIKA VIRUS, HEWAN ATAU SERANGGA, REKAYASA LINGKUNGAN TERTENTU TANPA
PERSETUJUAN.
Kejahatan
Pendidikan
: REKAYASA
OBAT-OBATAN NOOTROPIK KHUSUS YG MEMBERI PENGGUNA KEMAMPUAN KOGNITIF MANUSIA
SUPER, SEHINGGA MEMBUAT SEBAGIAN BESAR BENTUK PENGUJIAN PENDIDIKAN TRADISIONAL
MENJADI USANG, MEMBELI AI PASAR GELAP UNTUK MENGERJAKAN SEMUA PEKERJAAN RUMAH
ANDA; MENCURI WIFI, MEMBANGUN REAKTOR NUKLIR, THORIUM, ATAU FUSI, MERETAS
JARINGAN LISTRIK SUATU NEGARA; MERETAS DRONE KOMERSIAL DAN ROBOT KEJAHATAN
TERKAIT TRANSPORTASI DENGAN MERETAS SISTEM RASIONALNYA.
PERAN
MAHASISWA DALAM MENJAGA KETERTIBAN MASYARAKAT
• MENJUNJUNG KEAKRABAN, TOLERANSI DAN
MENGHORMATI HAK-HAK SESAMA MAHASISWA MAUPUN MASY DI INTERNAL MAUPUN EKSTERNAL
KAMPUS.
• MENGINFORMASIKAN KE DEKAN/REKTOR SECARA
BERJENJANG APABILA ADA INDIKASI YANG AKAN MENGGANGGU KETERTIBAN KAMPUS.
• PEDULI UNTUK MENJAGA LINGKUNGAN, MAUPUN
SARPRAS YANG ADA DI KAMPUS.
• MENGINISIASI ATAU MEMOTIVASI UKM-UKM UTK
MENYELENGGARAKAN GIAT YANG BERNUANSA KEPEDULIAN SOSIAL DILINGKUNGAN MAUPUN LUAR
KAMPUS.
• MEMBERITAHUKAN KEPADA APARAT KEPOLISIAN
APABILA AKAN MENYELENGGARAKAN PENYAMPAIAN PENDAPAT DIMUKA UMUM MAUPUN BENTUK
YANG MELIBATKAN MASY LUAR KAMPUS.
• BERPARTISIPASI AKTIF MENGAMPLIFIKASI
PESAN KAMTIBMAS DI MEDIA SOSIAL PUN MAINSTREAM.
Tips Bagi
Mahasiswa
• Optimalkan waktu untuk pembelajaran ilmu
pengetahuan, sikap dan prilaku yang baik serta menjunjung nilai keadilan,
kejujuran, rasa empati menyebarkan nilai-nilai kebangsaan dlm kehidupan
keseharian.
• Berorientasi pada perubahan untuk
kemajuan bagi kepentingan bangsa dan negara
• Mendorong motivasi, berpikir positif,
berprestasi, kreatif dan inovatif sesuai kemajuan dan perkembangan zaman.
• Berpikir global dan bertindak secara
lokal, inklusif dan berkelanjutan.
"Transformasi Bandar Lampung Menuju Kota
Metro Pollitan" oleh Hj. Eva Dwiana.
Mahasiswa memiliki peran penting dalam
transformasi Bandar Lampung menuju kota metropolitan melalui berbagai
kontribusi, termasuk inovasi teknologi, pengembangan sumber daya manusia, dan
partisipasi dalam pembangunan berkelanjutan. Kita sebagai mahasiswa dapat
menjadi agen perubahan dengan ide-ide segar dan semangat inovatif, serta aktif
dalam berbagai kegiatan yang mendukung kemajuan kota.
A. Inovasi
Teknologi dan Startup.
Mahasiswa
dapat mengembangkan aplikasi atau platform digital yang mendukung berbagai
sektor, seperti transportasi, pariwisata, dan perdagangan, seiring dengan
perkembangan kota metropolitan.
Menciptakan
startup berbasis teknologi yang dapat menjadi penggerak ekonomi baru dan
lapangan kerja.
Melakukan
riset dan pengembangan untuk menciptakan solusi teknologi yang berkelanjutan
dan ramah lingkungan.
B. Pengembangan
Sumber Daya Manusia.
Mahasiswa
dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan
masyarakat melalui program pelatihan dan pengabdian masyarakat.
Menyelenggarakan
kegiatan edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan dan
pengembangan diri.
Membantu
pemerintah daerah dalam menyusun program pelatihan yang relevan dengan
kebutuhan industri dan pasar kerja.
C.
Partisipasi dalam Pembangunan Berkelanjutan.
Mahasiswa
dapat terlibat dalam kegiatan penghijauan, pengelolaan sampah, dan pelestarian
lingkungan.
Mengembangkan
program-program yang mendukung pembangunan berkelanjutan, seperti energi
terbarukan dan pertanian perkotaan.
Aktif dalam
kegiatan sosial dan kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
D. Peran
Aktif dalam Pemerintahan dan Kebijakan.
Mahasiswa
dapat memberikan masukan dan saran kepada pemerintah daerah mengenai kebijakan
yang pro-rakyat dan berkelanjutan.
Terlibat
dalam forum diskusi dan konsultasi publik untuk menyampaikan aspirasi
masyarakat.
Membangun
hubungan yang baik dengan pemerintah daerah dan instansi terkait untuk
mendukung proses pembangunan kota.
E. Inisiatif
Mandiri dan Kolaborasi.
Mahasiswa
dapat membentuk komunitas atau organisasi yang berfokus pada pengembangan kota.
Bekerja sama
dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, swasta, dan masyarakat, untuk
mewujudkan visi kota metropolitan.
Menyelenggarakan
kegiatan yang melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk membangun rasa
kepemilikan dan kebersamaan.
Dengan
berbagai kontribusi ini, mahasiswa dapat menjadi penggerak utama dalam
mewujudkan Bandar Lampung sebagai kota metropolitan yang maju, berkelanjutan,
dan berdaya saing.
PERGURUAN
TINGGI DI ERA DIGITAL DAN REVOLUSI INDUSTRI
Oleh:
Wakil Rektor Bidang Akademik
Prof. Dr.
Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T.
Moderator:
Dr. Saring
Suhendro, S.E., M.Si., Akt., CA.
• UNILA TOP
MANAGEMENT
Rector
Prof. Dr.
Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng
VR for Academic
Dr. Eng.
Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T.
VR for
Finance & General
Dr.
Habibullah Jimad, S.E., M.Si.
VR for
Student & Alumni
Prof. Dr.
Sunyono, M.Si.
VR for
Planning, Cooperation, IT
Dr. Ayi
Ahadiat, S.E., MBA
• MILESTONE
OF UNILA'S DEVELOPMENT
Universitas
Lampung memiliki cita-cita luhur untuk terus berkembang, sehingga dalam waktu
tertentu Unila diharapkan mampu menjadi universitas yang unggul, terkenal, dan
mendunia.
2022–2025
Penguatan
Research-Based Learning dalam kerangka pengembangan daya saing regional dan
internasional
2026–2030
Penguatan
Innovation-Based Research
2031–2035
Penguatan
Research University dan inisiasi Entrepreneurial University
2036–2040
Penguatan
Entrepreneurial University
2041–2045
Fase stabil
sebagai Entrepreneurial University
•Information
System of Quality Assurance
Seluruh
sistem perkuliahan di Unila telah dilengkapi dengan Quality Assurance yang
mengatur dan menjamin mutu pendidikan. Oleh karena itu, setiap program studi
diwajibkan untuk terakreditasi.
•
INTERNATIONAL ACCREDITATION FOR STUDY PROGRAMMES AT UNILA
Beberapa
akreditasi internasional yang dimiliki Universitas Lampung antara lain:
-Association
to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB)
-European
Foundation for Management Development (EFMD)
-ASEAN
University Network for Business and Economics (AUN-BE)
-ASEAN
University Network (AUN)
-ASEAN
University Network–Quality Assurance (AUN-QA)
• NATIONAL
ACCREDITATION FOR STUDY PROGRAMMES AT UNILA
Sebaran
jumlah akreditasi nasional program studi:
Unggul: 38
A: 12
Baik Sekali:
43
B: 17
Baik: 18
•
INTERNATIONAL ACCREDITATION FOR STUDY PROGRAMMES AT UNILA
1 program
studi telah diakreditasi oleh RSC(Royal Society of Chemistry)
-Kimia(FMIPA)
15 program
studi telah diakreditasi oleh ASIIN
14 program
studi telah diakreditasi oleh FIBAA
•INTERNATIONAL
ACCREDITATION – ASIIN, GERMANY
1. Ba. of
Biology
2. Ba. of Agribusiness
3. Ba. of
Agrotechnology
4. Ba. of
Agricultural Product Technology
5. Ba. of
Computer Sciences
6. Ba. of
Physics
7. Ba. of
Mathematics
8. Ba. of
Medicine
9. Ba. of
Mathematics Education
10. Ba. of
Physics Education
11. Ba. of Chemistry
Education
12. Ba. of
Biology Education
13. Ba. of
Civil Engineering
14. Ba. of
Electrical Engineering
15. Ba. of
Mechanical Engineering
16. Ba. of
Medicine
•
INTERNATIONAL ACCREDITATION – FIBAA, GERMANY
1. Ba. of
Business Administration
2. Ba. of
Public Administration
3. Ba. of
Communication Sciences
4. Ba. of
Management
5. Ba. of
Accounting
6. Ba. of
Economic Development
7. Ma. of
Management
8. Ma. of
Accounting
9. Ba. of
Sociology
10. Ba. of
Law
11. Ma. of
Law
12. Doc. of
Law
13. Ma. of
Economics Sciences
14. Doc. of
Economics
• Featured
Strategy of Rector (2023–2027)
Apa itu BE
STRONG?
B: Business
Sector, Finance, Investment, and Assets
E:
Empowerment of Human Resources
S: Services
for Community
T: Teaching
R: Research
O:
Organizational Partnerships
N: Network
Infrastructure
G: Good
University Governance
•
Collaborations
Pengembangan
organizational partnerships akan meningkatkan pengakuan nasional dan
internasional serta memperkuat reputasi Unila baik di tingkat nasional maupun
internasional.
• FACILITIES
1. Library
2.
Laboratory
3.
Integrated Laboratory and Innovation Center
4. Sport
Facilities
5. Student
Dormitories, dll.
• RSPTN
& IRC
Pendirian
Unila Academic Hospital dan Integrated Research Centre yang didanai oleh ADB.
2.1.4 KEHIDUPAN BERBANGSA,BERNEGARA,JATI DIRI
BANGSA,DAN PEMBINAAN KESADARAN BELA NEGARA
PEMATERI :
BRIGJEN
HARYANTANTA,
S.H.
A.POLITIK
1.Pelantikan
Kepala Daerah DIgelar pada 20 Februari
Presiden Prabowo Subianto menekankan
aturan pelantikan kepala daerah hasil pilkada 2024 antara lain,para kepala
daerah hasil pilkada akan dilantik secara serentak pada kamis 20 februari
2025,hal ini diatur peraturan presiden Nomor 13 tahun 2025 tentang perubahan
kedua atas peraturan presiden Nomor 16 tahun 2016.
2.Unjuk Rasa
Indonesia Gelap Di Berbagai Daerah
Dalam aksi tersebut terdapat beberapa
tuntutan aksi antaranya adalah:
• Cabut inpres Nomor 1 tahun 2025 soal
efisiensi anggaran
• Tolak PSN yang tidak berorientasi pada
kesejahteraan rakyat
• Evaluasi total program Makan Siang
Gratis (MBG)
• Tolak RUU Minerba
• Wujudkan Pendidikan gratis,ilmiah,dan
demokratis
• Nayarkan tunjangan kinerja tenaga
pendidik
• Sahkan UU Perampasan Aset
• PPN 12%
• Berhenti membuat kebijakan public tanpa
basis riset ilmiah yang tidak berorientasi pada kesejahteraan rakyat
• Menolak UU TNI tentang dwifungsi ABRI
B.EKONOMI
1.Adanya
Perlambatan Perumbuhan Ekonomi Memicu Timbulnya Permasalahan Sosial di Masyarakat Mengganngu Kondusifitas Wilayah
Ditengah ketidakpastia
global,perekonomian Indonesia masih mencatat pertumbuhan meskipun perlambatan
IMF memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,1% pada 2025 dan 2026
2.Presiden
Prabowo Subianto Resmikan Danantara Akhir 2024
• Presiden Prabowo Subianto meresmikan
Badan Pengelola Investasi Daya Anagata
Nusantara (BP
DANANTARA) pada akhir 2024
• Target ini menyusul rampungnya peraturan
pemerintah dan peraturan presiden sebagai payung hukum badan baru itu
• Jadwal peresmian instansi tersebut masih
disesuaikan dengan jadwal presiden,namun dipastikan bakal diluncurkan tahun
ini.
2.1.5. PERAN
MAHASISWA DI ERA
DIGITAL
Oleh: PROF.
DR. SUNYONO, M.SI., (WAKIL REKTOR BIDANG KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI)
A. Beradaptasi
dengan kemauan Teknologi
•Pemahaman
Teknologi
Mahasiswa
harus memahami alat seperti aplikasi pembelajaran, perangkat lunak, dan
platform daring untuk mendukung proses belajar.
•Pengembangan
keterampilan digital
Keterampilan
seperti pengkodean, pengelolaan data, dan penggunaan media sosial secara
produktif menjadi semakin penting di era digital.
•Kolaborasi
daring
Mahasiswa
dituntut untuk mampu bekerja sama dalam tim menggunakan platform virtual,
seperti Zoom atau Google Meet, untuk tugas dan proyek kuliah.
B. Membangun
Literasi Digital
•Evaluasi
Informasi
Mahasiswa
perlu menguasai kemampuan memilih informasi yang akurat dari sumber yang tidak
dapat di percaya di tengah derasnya arus informasi.
•Etika
Digital
Mahasiswa
harus memahami pentingnya etika dalam penggunaan teknologi, seperti menghormati
privasi orang lain dan menghindari plagiarisme.
•Komunikasi
Efekif
Penggunaan
teknologi untuk menyampaikan ide secara jelas dan menarik melalui persentasi
digital, e-mail profesional, atau media sosial harus dikuasai.
C.
Berkontribusi Pada Inovasi
1. Solusi
Kreatif
Mahasiswa
dapat menciptakan aplikasi atau platform yang memecahkan masalah di masyarakat,
seperti platform belajar berbasi daring atau aplikasi kesejatan.
2.
Partisipasi Aktif
Dengan
keterlibatan dalam startup teknologi, penelitian digital, atau kegiatan
komunitas berbasi teknologi, Mahasiswa dapat menjadi agen transformasi digital.
3.
Pemanfaatan Big Data
Kemampuan
menganalisis data dalam jumlah besar dapat digunakan oleh mahasiswa untuk
menyusun proyek yang berdampak signifikan, ssperti analasis tren atau ekonomi.
A. Pergeseran
Metode Pengajaran
•Pembelajaran
Daring
Peralihan ke
pembelajaran online membutuhkan pendekatan baru yang memastikan interaksivitas
dan keterlibatan siswa tetap terpenuhi.
•Metode
Campuran
Kombinasi
pembelajaran tatap muka dan digital menawarkan fleksibilitas, tetapi memerlukan
pelatihan bagi pendidik dalam memanfaatkan teknologi secara optimal.
•Evaluasi
Berbasi Teknologi
Integrasi
teknologi dalam metode penilaian, seperti kuis daring dan portofolio digital,
menjadi tren baru yang membutuhkan adaptasi baik dari siswa maupun dosen.
B.
Pemberdayaan Kolaborasi
1. Platform
Komunikasi
Aplikasi
seperti Microsoft teams atau Zoom mendukung kolaborasi jarak jauh, memungkinkan
mahasiswa dari lokasi berbeda untuk bekerja sama.
2. Proyek
Lintas Disiplin
Teknologi
membuka peluang untuk tugas atau proyek lintas jurusan, mendorong Inovasi dan
pemecahan masalah secara kreatif.
3. Jaringan
Global
Digitalisasi
memberikan akses kepada mahasiswa untuk berkolaborasi dengan institusi dan
individu di seluruh dunia, memperluas wawasan mereka tentang isu-isu Global.
Strategi
untuk berkembang di era digital
A. Pola pikir
- belajar sepanjang hayat
01. Adaptasi
Teknologi
Mahasiswa
harus terus mempelajari teknologi baru untuk tetap relevan di era yang terus
berkembang hal ini mencakup penguasaan perangkat lunak alat digital dan
platform pembelajaran.
02. Pemahaman
Tren
Memantau
trend global dan lokal dalam teknologi memungkinkan mahasiswa untuk melihat
peluang pendidikan dan karir yang muncul.
03. Motivasi
Internal
Membangun
rasa ingin tahu dan keinginan untuk belajar tanpa paksaan memastikan bahwa
mahasiswa tetap berkembang meski tanpa arahan formal.
B. Membangun
Ketahanan
01.
Fleksibilitas Mental
Melatih
kemampuan untuk menghadapi perubahan teknologi dan situasi mendadak memastikan
mahasiswa Tetap tenang dan responsif dalam kondisi baru.
02. Pemecahan
Masalah
Mengembangkan
keterampilan berpikir kritis untuk menemukan solusi kreatif terhadap tantangan
yang kompleks di era digital sangat penting
03. Mengelola
Stres
Gunakan
strategi olahraga, meditasi, atau berbicara dengan mentor termasuk mahasiswa mengatasi
tekanan dam menjaga kesehatan mental
Materi
PKMB Tingkat Fakultas
Pembelajaran di Perguruan Tinggi &
Plagiarisme
Materi yang menunjukkan perbedaan yg signifikan di
tingkat perguruan tinggi jika dibandingkan dengan tingkat Sekolah Menengah Atas
(SMA). Mahasiswa perguruan tinggi tidak memiliki arah yg sudah ditentukan oleh
guru semasa SMA, mahasiswa dibiarkan bebas dengan caranya melihat banyak hal.
Mahasiswa bebas untuk menentukan tujuannya sendiri, tanpa tuntutan untuk lulus,
tanpa arahan terhadap hal hal yg sebaiknya dilakukan di luar kampus untuk
lulus. Selain itu, terdapat peraturan tak tertulis yang sama di setiap tingkat
studi yaitu ada lebih baiknya untuk tidak melakukan “Plagiarisme”, atau yang
umumnya disebut dengan mencontek.
Sistem
Perkuliahan dan Pembimbingan Akademik
Para peserta yaitu mahasiswa diperkenalkan dengan
istilah-istilah serta sistem-sistem yang ada di dunia perkuliahan. Mahasiswa
diperkenakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS), Kartu Rencana Studi (SKS),
juga diperkenalkan dengan adanya dosen pembimbing.
Tata Krama dan Norma Kehidupan Kampus
Mahasiswa diberitahukan mengenai tata krama di
lingkungan kampus serta kehidupan kampus, mahasiswa juga diharapkan dapat
menjaga tata krama selama berada di kampus. Dengan menjaga dan menerapkan tata
krama yang baik di kampus, diharapkan mahasiswa memiliki kehidupan kampus yang
sangat baik.
Sarana dan Prasarana dalam Menunjang
Perkuliahan
Mahasiswa FMIPA diperkenalkan dengan fasilitas yang
disediakan oleh pihak kampus demi keberlanjutan studi mahasiswa. Mahasiswa juga
diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas dengan baik, agar kehidupan di
perkuliahan tidak menimbulkan banyak masalah. \
Hak
dan Kewajiban Mahasiswa
Mahasiswa dijelaskan mengenai hak sebagai mahasiswa
seperti mengakses fasilitas, belajar dengan tenang, dan hal sebagainya. Namun,
mahasiswa juga ditekankan untuk tidak melupakan kewajibannya, seperti mematuhi
peraturan kampus, tetap menjaga tata tertib kampus dan sebagainya.
Strategi
yang Efektif
Materi ini mengedukasi
siswa mengenai strategi belajar mandiri, manajemen waktu, serta cara survive
dalam melawan banyaknya rintangan dan godaan selama kuliah. Pemateri memberi
tips serta rekomendasi mengenai strategi belajar, serta solusi akan hal hal
yang sekiranya akan menjadi tantangan.
0 Komentar